Berita
Ini Dia, Formasi CPNS di Babel
Selasa, 07 Agustus 2012 10:59 WIB | Dibaca 953 kali
PANGKALPINANG - Setelah lama dinantikan, formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Bangka Barat (Babar), akhirnya diumumkan. Sementara untuk formasi CPNS di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel), masih harus menunggu persetujuan dari Gubernur Eko Maulana Ali. Berdasarkan pengumuman hari ini, untuk formasi CPNS di Bateng terdiri dari tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga teknis. Untuk tenaga kesehatan misalkan, Bateng menerima formasi 5 dokter umum, 3 dokter gigi dan 10 D3 keperawatan. Sedangkan untuk tenaga pendidikan, 19 S1 PGSD, 1 orang untuk S1 elektro/teknik listrik, 1 orang S1 Design Grafis (selebihnya lihat grafis). Sedangkan untuk Babar, terdapat 85 formasi yang terdiri dari 44 tenaga pendidikan, 26 tenaga kesehatan dan 15 tenaga teknis (lihat grafis). 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bateng, Dra. Susanti menyebutkan, formasi tersebut dapat dilihat di media massa dan elektronik. Namun, jika kurang jelas, masyarakat dapat mengakses website Bateng atau langsung mendatangi BKD Bateng. "Pengumuman itu juga kita pasang di papan pengumuman di kantor kita. Di website juga kita pasang, calon pelamar bisa melihatnya juga (http://bangkatengahkab.go.id). Disitu terpasang lengkap, sama dengan yang kita umumkan di media massa," tuturnya, kemarin (6/8). 
Untuk seleksi CPNS 2012, lanjut Susanti, pihaknya tidak menerima tenaga medis bidan lantaran formasi tersebut tidak disetujui oleh Menpan RI. "Kalau untuk tanggal pelaksanaan tes sesuai pengumuman tanggal 8 September namun masih bisa berubah lantaran masih menunggu hasil keputusan dari Wapres," sambungnya. 
Lebih lanjut dia mengingatkan, kepada seluruh calon pelamar CPNS supaya meneliti seluruh berkas lamaran tes CPNS sebelum dikirim kepada pihaknya melalui pos. Hal demikian mengingat, pengalaman tahun-tahun sebelumnya. "Terkadang kesalahan yang dilakukan oleh calon pelamar itu kecil, tapi cukup berpengaruh besar, misalnya pada amplop balasan itu diharuskan untuk menyertakan perangko, hal itu sering terlewati. Untuk itu, kami himbau kepada peserta untuk dapat membaca petunjuk lamaran itu sebaik mungkin. Karena disitu semua sudah lengkap, bahkan hingga ke ukuran amplopnya. Karena kalau tidak dilengkapi sesuai ketentuan itu, mungkin tidak akan dibalas. Kemudian ketentuan legalisir juga harus sesuai ketentuan, karena itu juga sering bermasalah seperti tahun-tahun sebelumnya. Intinya, sebelum dikirim dicek terlebih dahulu secara teliti, apakah sudah benar dan lengkap atau belum," bebernya.
Ditegaskannya, para pelamar juga harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Karena yang banyak dinilai dalam gelaran tes tersebut, berkaitan dengan kepribadian dan karakteristik peserta, dimana persentase penilaiannya mencapai 60 persen.  "Jadi, para pelamar itu isilah setiap pertanyaan sesuai dengan hati nuraninya. Karena itu kan sifatnya tidak bisa dipaksa-paksa," pungkasnya seraya mengatakan untuk bahasa yang digunakan pada soal belum diketahui menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. 
Bagaiman dengan lokasi, perempuan berjilbab ini mengatakan, untuk lokasi tes bisa dari Koba sampai Penyak. "Perkiraan kita untuk jumlah peserta bisa mencapai 4.000 pelamar. Jadi, jumlah lokal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tes nanti sebanyak 200 lokal," ujarnya. Susanti pun menghimbau kepada seluruh pelamar untuk dapat menyiapkan pemberkasannya, sehingga pada hari pengumuman pendaftaran langsung bisa dikirimkan segera. Untuk persyaratan umumnya, yakni fotokopi ijazah yang dilegalisir sesuai dengan ketentuan, Foto ukuran 3 x 4 warna sebanyak 6 lembar dan surat pencari kerja atau kartu kuning (bisa yang dikeluarkan dari daerah manapun).  "Tes ini akan kita lakukan secara transparan dengan harapan tidak ada lagi saling curiga. Kedepannya, tes CPNS bukan lagi seperti ini. Tapi, dengan sistem CAT (Computer Asissment Test). Saat ini kan masih menggunakan sistem konvensional," pungkasnya seraya mengatakan total anggaran untuk penerimaan CPNS tahun 2012 sebesar Rp 764 juta.
Sementara, Kepala BKD Babar, Ismantho mengingatkan untuk tidak percaya dengan pihak yang bisa menjanjikan bisa menjamin diterima sebagai CPNS. Sebab penerimaan difasilitasi oleh tim konsorsium yang terdiri dari 10 Perguruan Tinggi Negeri Nasional.
Dalam melaksanakan penerimaan CPNS 2012, pihaknya mengutamakan prinsip transparan, objektif, bebas KKN, tidak diskriminatif dan tidak memungut biaya apapun atau gratis. "Mulai dari awal pembahasan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara ada pihak yang berwenang mengecek itu semua," jelasnya.  Lamaran lanjutnya, dikirim melalui PT POS Indonesia dengan alamat tertuju ke Bupati Bangka Barat, PO Box 333106 CPNS 2012 Kabupaten Bangka Barat, dan tidak menerima surat lamaran yang diantar langsung ke Kantor BKD Bangka Barat. "Rencana awal kami akan membuka pendaftaran melalui online, namun karena masih terkendala dengan minimnya sarana dan prasarana, kami mohon maaf hanya bisa melayani pendaftaran melalui PT POS Indonesia," ujarnya.(fer/ant)

Secara Lisan, Tes 8 September

KENDATI Pemkab Bateng dan Babar mengumumkan pelaksanaan rekrutmen penerimaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hari ini, namun tak demikian dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, kepastian pengumuman tes CPNS Pemprov masih menunggu tanda tangan Gubernur Eko Maulana Ali. "Kalau Bateng dan Babar mau duluan, ya terserah. Yang jelas kalau Pemprov masih menunggu tanda tangan Gubernur, karena keputusan ada ditangan beliau," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Babel Syafitri.
Ditegaskan Syafitri, sebelumnya antara pemprov dengan Bateng dan Babar sudah sepakat akan mengumumkan penerimaan CPNS sesuai dengan hasil rapat beberapa bulan lalu.  Dimana kesepakatan tersebut sudah dilayangkan ke Kementrian dengan tembusan Presiden untuk diundur hingga Oktober. Akan tetapi hingga saat ini belum ada jawaban."Kalau secara lisan, tes CPNS serentak dilaksanakan pada 8 September mendatang. Untuk sementara waktu, kita tetap mengacu pada keputusan pusat itu," jelasnya.
Sebagai Kepala BKD, kata Syafitri, dirinya bisa memaklumi kesibukan gubernur. Maka dari itu dirinya tidak mau mengeluarkan statment yang berhubungan dengan penerimaan CPNS Pemprov Babel mengingat hal tersebut merupakan informasi publik. "Saya bukannya gak mau komentar. Kalau saya katakan besok, tapi ternyata tidak, ya saya kan disalahkan masyarakat. Apalagi informasi ini sangat riskan dan memang harus diumumkan," tuturnya.
Dia menilai Pemkab Bateng dan Babar sudah melangkahi kebijakan gubernur sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. "Kalau mereka melanggar, ya salah mereka. Tapi ini juga perencanaan pusat yang kurang matang," katanya. Saat ini dikatakan Syafitri, tim konsursium masih memproses soal-soal tes CPNS, yang mana pada 1 September mendatang baru diserahkan ke Kemenpan-RB untuk diproses lebih lanjut. Namun ia belum bisa memastikan jatah soal yang diberikan oleh pusat.
Lebih lanjut Syafitri menjelaskan, seharusnya persoalan yang menyangkut dana dan Sumber Daya Manusia(SDM) dilakukan dengan pasti dan tentunya bukan dalam waktu yang singkat. Sebab, seperti diketahui pelaksanaan CPNS tahun ini terkesan dipaksakan dengan alasan moratorium. "Contohnya kita, formasi yang diberikan hampirnya semua teknis kesehatan. Kita belum tahu nanti apa ada yang melamar, kalau gak kan percuma saja, ya setidaknya pakai logika dong," tukasnya.
Pada dasarnya, diakui Syafitri, pihaknya menginginkan penerimaan CPNS Pemprov berjalan transparan. Namun dengan sistem yang diterapkan oleh pemerintah pusat, dirinya khawatir ketransparanan tersebut diragukan oleh masyarakat. "Kalau begini mana transparannya, LJK saja dibawa kesana (pusat-red), kalau mau transparan ya langsung periksa disini dong. Itu baru terbuka. Saya tidak setuju kalau LJK dibawa kepusat dan penentuan pengumuman ditentukan mereka. Kalau begini sama saja, tapi yang jelas Pemprov pada umumnya sudah siap," tandasnya.
Disinggung dengan mekanisme teknis penerimaan CPNS Pemprov, ditegaskan Syafitri, pendaftaran tetap akan dilakukan melalui Kantor Pos dan tidak bisa langsung ke BKD Babel. Dan jika nanti terjadi kekurangan administrasi, maka surat lamaran tersebut terpaksa dikembalikan. "Mestinya pusat tak bisa demikian. Tapi dirinya memaklumi karena ada banyak hal yang belum jelas dalam penerimaan CPNS tahun ini," pungkasnya.
Adapun formasi CPNS Babel yang menunggu tanda tangan gubernur adalah, Tenaga Kesehatan yang terdiri S2 Dokter Spesialis 10 orang, S1 Dokter Umum 5 orang, S1 Dokter Gigi 2 orang, S1 Perawat 4 orang dan D3 Perawat 4 orang. 

Kemudian Tenaga Teknis yang terdiri S1 Agrobisnis/Teknologi 4 orang, Agroteknologi S1 Dokter Hewan 1 orang, S1 Peternakan 2 orang, S1 Ilmu dan Teknologi Pangan 1 orang, S1 Teknologi 

Mesin/Elektro/Fisika non pendidikan/

Matematika non pendidikan 2 orang, S1 Teknik Ilmu Pertambangan 1 orang, D3 Hama dan Penyakit Tanaman 1 orang, D3 Teknik Mesin/Elektro 2 orang, dan D3 Kesehatan Hewan 1 orang. (cr43)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Jaya Abadi CCTV Hadir Sebagai Master Dealer Cp Plus
Jaya Abadi CCTV Hadir Sebagai Master Dealer Cp Plus
PANGKALPINANG-Jaya Abadi CCTV terhitung Jumat (17/10) lalu hadir di Bangka-Belitung (Babel) sebagai master dealer Cp Plus CCTV. "Kami hadir sebagai master dealer produk CCTV Cp Plus khusus untuk wilayah Bangka-Belitung,"ujar owner Jaya Abadi CCTV, Heles kepada RB.
Ronaldo Jadi Atlet Pertama Punya 100 Juta Fans di Facebook
Ronaldo Jadi Atlet Pertama Punya 100 Juta Fans di Facebook
MADRID - Cristiano Ronaldo tak henti-hentinya membuat rekor. Kali ini, megabintang Real Madrid itu membukukan rekor di luar lapangan. Ronaldo menjadi atlet pertama yang memiliki 100 juta fans di Facebook.
Usul Revitalisasi Makna Sumpah Pemuda
Usul Revitalisasi Makna Sumpah Pemuda
JAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Profesor Doktor Buya Hamka (Uhamka) Soeyatno memandang perlu makna sumpah pemuda direvitalisasi dan tidak sekadar formalitas saja.
Mitra Radar