Belitung Punya Bus ke Objek Wisata


Belitung Punya Bus ke Objek Wisata

    TANJUNGPANDAN - Sebanyak enam unit Bus Rapid Transit (BRT) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) akan beroperasi di Belitung. Kemungkinan Bus-bus biru putih itu baru bisa dioperasikan bertepatan dengan peresmian Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin. Rencananya rute yang dilalui Bus tersebut dari Bandara H AS Hanandjoeddin menuju Jalan Protokol di Kota Tanjung, Perhotelan hingga Desa Sungai PadangKecamatan Sijuk.

    "Kita masih menunggu waktu yang tepat untuk peresmiannya, kalau rute pelayanan dari jauh hari sudah kita rencanakan. Nantinya bus-bus ini akan digunakan sebagai angkutan umum yang dikhususkan ke lokasi-lokasi wisata. Sehingga parawisatawan punya pilihan diluar taksi dan angkutan lainnya," kata Bupati Belitung Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres (Grup Radar Bangka), Selasa (10/1) sore kemarin.

    Ujar Sanem sapaan yang akrab bupati, untuk satu bulan kedepan, pemerintah terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi keberadaan bus tersebut. Lantas bukan tidak mungkin bus ini dari Tanjung RU ke kota dan tempat wisata, akan tetapi melihat kondisi wisatawan lebih dulu. “Kalau misalkan penggunaan bus ini nanti optimal, akan ada tambahan lagi dari kementerian. Akan kita buat halte-halte khusus untuk pemberhentian angkutan moda ini. Dan halte itu berkemungkinan berada diperhotelan, lokasi wisata, pusat Kota dan ATM," jelasnya.

    Pada kesempatan itu, bupati menyarankan agar setiap hotel, membuatkan Halte Bus sebagai persinggahan. Sebab bus tersebut tidak akan berhenti diluar dari halte yang ada. Kepala Dinas Perhubungan, Ayi Thamrin mengatakan untuk biaya tarif satu kali menumpang belum bisa ditentukan. Sebab aturanya masih dalam proses penyusunan, dan itu nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup). 

“Kemungkinan tarif yang akan kita kenakan sekitar Rp 20 Ribu tujuan Kota Tanjungpandan menuju Bandara H. A.S Hanandjoeddin maupun sebaliknya. Kalau jarak sedikit lebih jauh atau diluar kemungkinan biayakan akan lebih,” kata Ayi.

    Lantas untuk jadwal pengoperasian dari bus ini, nantinya juga akan berlaku setiap hari hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Lebih tepatnya menyesuaikan jadwal maskapai penerbangan. Jika ada penerbangan malam akan pula dioperasikan. "Kemungkinan sampai malam nanti beroperasi. Tapi untuk Halte rencana di dekat Bandara, KV Senang, Tanjungpendam, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, tetapi akan kita dirancang lagi. Saya berharap kehadiran Bus ini menjawab pertanyaan wisatawan serta memudahkan mereka untuk menuju objek wisata di Kabupaten Belitung,” pungkasnya.(mg2) 





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Jalan Rusak Capai 131,73 KM
Jalan Rusak Capai 131,73 KM
Selasa, 17 Januari 2017 11:11 WIB
MANGGAR–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akan ini memperbaiki jalan Kabupaten, Kecamatan dan Desa
Bupati Tanyakan Status Tanah Pemda
Bupati Tanyakan Status Tanah Pemda
Selasa, 17 Januari 2017 11:08 WIB
TANJUNGPANDAN- Bupati Belitung Sahani Saleh angkat bicara menanggapi kasus sengketa lahan di kawasan Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.
Tersenggol Truk, Bocah Tewas
Tersenggol Truk, Bocah Tewas
Selasa, 17 Januari 2017 11:07 WIB
TANJUNGPANDAN-Kecelakaan yang mengakibatkan meninggalnya seorang bocah kembali terjadi di Belitung. Kali ini kecelakaan tersebut, di Persimpangan Air Ketekok, Senin (16/1)
Puluhan Warga Minta SPDN Dioperasikan
Puluhan Warga Minta SPDN Dioperasikan
Selasa, 17 Januari 2017 11:04 WIB
TANJUNGPANDAN-Puluhan masyarakat dari Desa Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang dan Desa Juru Sebrang mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten