Berita Belitong
Sekdes Miliki Dua Status
Jum'at, 22 Maret 2013 09:47 WIB | Dibaca 1.931 kali
MANGGAR-Status Sekretaris Desa (Sekdes) mulai menemui kendala dalam implementasinya. Disatu sisi Sekdes sebagai PNS adalah bagian dari perangkat daerah. Sementara disisi lain, Sekdes menjadi bagian perangkat desa.

Kerancuan ini mengakibatkan kebingungan dikalangan Sekdes yang berstatus PNS. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 pada pasal 12, 24, 25, 26 dan 27 ada beberapa hal yang mengatur status, hak dan Kewajiban Sekdes. Disebutkan dalam PP itu, Sekdes adalah perangkat desa. Tugas Sekdes membantu Kepala Desa dan bertanggungjawab ke Kades. Sekdes harus berstatus PNS dan diangkat Bupati melalui Sekda. Aturan PP juga menyebutkan status PNS pada Sekdes menyebabkan jabatan itu tidak menerima penghasilan tetap dari APBDes.

Sementara itu, dalam PP nomor 45 tahun 2007 pasal 1, 8, 10 dan 13 diatur status Sekdes yang sudah diangkat menjadi PNS adalah bagian perangkat Daerah. Bahkan bagi Desa yang belum memiliki Sekdes PNS harus segera diisi oleh PNS yang memenuhi syarat. Soal Tupoksi, hak dan kewajiban Sekdes PNS mengikuti ketentuan khusus tentang kepegawaian Negara sesuai UU Kepegawaian.

Kepala Badan Pemdes dan Pemberdayaan Masyarakat Beltim, Ikhwan Fahrozi mengatakan guna menyikapi hal tersebut, pihak Pemdes telah membuat telaah staf yang ditujukan ke Bupati Beltim. Sebab hal ini harus sesegera mungkin dibahas. "Status Sekdes itu disatu sisi sebagai Perangkat Desa dan disisi lain sebagai perangkat Daerah," ujar Ikhwan, kemarin (21/3).

Ikhwan menyebut status tersebut membuat sejumlah Sekdes bingung. Apalagi adanya kewajiban apel pagi di Kecamatan bagi seluruh pegawai perangkat Daerah termasuk Sekdes. Ikhwan berjanji akan segera menyikapi hal tersebut agar tidak membuat persoalan baru. (cr47)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
TANGERANG - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai main dealer kendaraan terus memperluas layanan penjualan dan purna jualnya di Jl Daan Mogot Km 20 No 8 Batu Ceper, Tangerang, Kamis (26/3). Dibawah kendali PT Armindo Perkasa (AP), dealer resmi ke-153 di Indonesia ini lengkap dengan fasilitas 3S (Sales, Service & Sparepart).
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
JAKARTA- Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Ashar Suryobroto mengatakan, pengurus PSSI harus lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan terkait dengan Kongres PSSI pada 18 April nanti.
UN Jujur 100 Persen
UN Jujur 100 Persen
JAKARTA - Tujuan Ujian Nasional (UN) untuk mengetahui capaian belajar seorang siswa. Ini merupakan hak seorang siswa untuk mengetahui capaian belajarnya.
Mitra Radar