Sekdes Miliki Dua Status


Sekdes Miliki Dua Status

MANGGAR-Status Sekretaris Desa (Sekdes) mulai menemui kendala dalam implementasinya. Disatu sisi Sekdes sebagai PNS adalah bagian dari perangkat daerah. Sementara disisi lain, Sekdes menjadi bagian perangkat desa.

Kerancuan ini mengakibatkan kebingungan dikalangan Sekdes yang berstatus PNS. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 pada pasal 12, 24, 25, 26 dan 27 ada beberapa hal yang mengatur status, hak dan Kewajiban Sekdes. Disebutkan dalam PP itu, Sekdes adalah perangkat desa. Tugas Sekdes membantu Kepala Desa dan bertanggungjawab ke Kades. Sekdes harus berstatus PNS dan diangkat Bupati melalui Sekda. Aturan PP juga menyebutkan status PNS pada Sekdes menyebabkan jabatan itu tidak menerima penghasilan tetap dari APBDes.

Sementara itu, dalam PP nomor 45 tahun 2007 pasal 1, 8, 10 dan 13 diatur status Sekdes yang sudah diangkat menjadi PNS adalah bagian perangkat Daerah. Bahkan bagi Desa yang belum memiliki Sekdes PNS harus segera diisi oleh PNS yang memenuhi syarat. Soal Tupoksi, hak dan kewajiban Sekdes PNS mengikuti ketentuan khusus tentang kepegawaian Negara sesuai UU Kepegawaian.

Kepala Badan Pemdes dan Pemberdayaan Masyarakat Beltim, Ikhwan Fahrozi mengatakan guna menyikapi hal tersebut, pihak Pemdes telah membuat telaah staf yang ditujukan ke Bupati Beltim. Sebab hal ini harus sesegera mungkin dibahas. "Status Sekdes itu disatu sisi sebagai Perangkat Desa dan disisi lain sebagai perangkat Daerah," ujar Ikhwan, kemarin (21/3).

Ikhwan menyebut status tersebut membuat sejumlah Sekdes bingung. Apalagi adanya kewajiban apel pagi di Kecamatan bagi seluruh pegawai perangkat Daerah termasuk Sekdes. Ikhwan berjanji akan segera menyikapi hal tersebut agar tidak membuat persoalan baru. (cr47)



Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Penambang Hajar Hutan Lindung
Penambang Hajar Hutan Lindung
Jum'at, 24 Februari 2017 10:21 WIB
SIJUK-Sejumlah oknum masyarakat masih saja nekat melakukan penambangan liar di Kawasan Hutan Lindung Pantai (HLP) Sungai Balai, Desa Sijuk, Kamis
Truk Terguling Dikira Gempa
Truk Terguling Dikira Gempa
Jum'at, 24 Februari 2017 10:19 WIB
TANJUNGPANDAN-Para pengguna jalan seharusnya lebih berhati-hati berkendara di musim penghujan saat ini.
Curi Rokok, Agus Dihajar Massa
Curi Rokok, Agus Dihajar Massa
Jum'at, 24 Februari 2017 10:18 WIB
TANJUNGPANDAN-Polisi akhirnya menetapkan Agus (47) pencuri rokok di salah satu toko Jalan Permata No 11 RT 27 RW 10 Desa
BPN Siapkan 500 Sertifikat Tanah Bersubsidi
BPN Siapkan 500 Sertifikat Tanah Bersubsidi
Jum'at, 24 Februari 2017 10:16 WIB
TANJUNGPANDAN-Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan salah satu Program Unggulan Kantor Pertanahan Kabupaten Belitung di Tahun 2017.