Sekdes Miliki Dua Status


Sekdes Miliki Dua Status

MANGGAR-Status Sekretaris Desa (Sekdes) mulai menemui kendala dalam implementasinya. Disatu sisi Sekdes sebagai PNS adalah bagian dari perangkat daerah. Sementara disisi lain, Sekdes menjadi bagian perangkat desa.

Kerancuan ini mengakibatkan kebingungan dikalangan Sekdes yang berstatus PNS. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 pada pasal 12, 24, 25, 26 dan 27 ada beberapa hal yang mengatur status, hak dan Kewajiban Sekdes. Disebutkan dalam PP itu, Sekdes adalah perangkat desa. Tugas Sekdes membantu Kepala Desa dan bertanggungjawab ke Kades. Sekdes harus berstatus PNS dan diangkat Bupati melalui Sekda. Aturan PP juga menyebutkan status PNS pada Sekdes menyebabkan jabatan itu tidak menerima penghasilan tetap dari APBDes.

Sementara itu, dalam PP nomor 45 tahun 2007 pasal 1, 8, 10 dan 13 diatur status Sekdes yang sudah diangkat menjadi PNS adalah bagian perangkat Daerah. Bahkan bagi Desa yang belum memiliki Sekdes PNS harus segera diisi oleh PNS yang memenuhi syarat. Soal Tupoksi, hak dan kewajiban Sekdes PNS mengikuti ketentuan khusus tentang kepegawaian Negara sesuai UU Kepegawaian.

Kepala Badan Pemdes dan Pemberdayaan Masyarakat Beltim, Ikhwan Fahrozi mengatakan guna menyikapi hal tersebut, pihak Pemdes telah membuat telaah staf yang ditujukan ke Bupati Beltim. Sebab hal ini harus sesegera mungkin dibahas. "Status Sekdes itu disatu sisi sebagai Perangkat Desa dan disisi lain sebagai perangkat Daerah," ujar Ikhwan, kemarin (21/3).

Ikhwan menyebut status tersebut membuat sejumlah Sekdes bingung. Apalagi adanya kewajiban apel pagi di Kecamatan bagi seluruh pegawai perangkat Daerah termasuk Sekdes. Ikhwan berjanji akan segera menyikapi hal tersebut agar tidak membuat persoalan baru. (cr47)



Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Lahan 3 Hektar Ludes Terbakar, Beruntung Tak Menyambar Rumah Warga Telok Dalam
Lahan 3 Hektar Ludes Terbakar, Beruntung Tak Menyambar Rumah Warga Telok Dalam
Kamis, 27 Juli 2017 12:41 WIB
TANJUNGPANDAN - Lahan seluas 3 Hektar di Dusun Telok Dalam Desa Juru Seberang dilalap si jago merah Rabu (26/7) siang
Kerugian Banjir Capai Rp338 Miliar, Warga Mulai Tinggalkan Posko
Kerugian Banjir Capai Rp338 Miliar, Warga Mulai Tinggalkan Posko
Selasa, 25 Juli 2017 12:23 WIB
GANTUNG - Sebagian warga yang mengungsi di Posko pengungsian di Masjid Al Makmur Kecamatan Gantung berangsur mulai meninggalkan posko
5 Tongkang Terdampar di Mangrove
5 Tongkang Terdampar di Mangrove
Senin, 24 Juli 2017 13:03 WIB
GANTUNG - Pasca banjir melanda Kabupaten Belitung Timur (Beltim) beberapa waktu lalu, membuat Misman (61) yang kesehariannya berprofesi
Kemensos Selalu Hadir Saat Tanggap Darurat
Kemensos Selalu Hadir Saat Tanggap Darurat
Jum'at, 21 Juli 2017 11:55 WIB
MANGGAR - Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Kamis (20/7) kemarin